Minggu, 13 Oktober 2013

skema / visualisasi tentang aplikasi, sistem operasi, dan port dalam komputer


1.   Hardware,Software dan Brainware merupakan bagian yang tak dapat terpisahkan ketika kita akan melakukan pengoperasian pada seperangkat computer.

Berbicara tentang hardware terdapat empat elemen dalam sistem komputer, yaitu:
-          Pemroses (processor)
-          Memori Utama
-          Perangkat Input/Output
Sedangkan Software pada system computer ada dua, yaitu :
-          Sistem Operasi
-          Sistem Aplikasi
Hardware merupakan jalur penghubung antara software dan brainware (user), Software dapat dikatakan sebagai jembatan penghubung antara Hardware dan Brainware , sedangkan Brainware merupakan pengguna yang terlibat dalam kegiatan pemanfaatan komputer atau sistem pengolahan data.
Pada Hardware terdapat suatu jalur data yang kita sebut dengan “port”. Port inilah merupakan jalur yang secara khusus digunakan software untuk mengirimkan instruksi terhadap Hardware.


Ketika membicarakan tentang jaringan computer,port merupakan sebuah titik yang menjadi koneksi antara computer satu dan computer lain. Karena port setiap computer bersifat unik dan tidak bisa tertukar. Sebuah port berhubungan langsung dengan alamat IP dari host serta jenis protokol yang digunakan dalam komunikasi jaringan. Port juga bisa disebut sebagai jalur tujuan tertentu dari setiap jenis protokol yang berjalan pada jaringan seperti Port 80, Web Server Port ini biasanya digunakan untuk web server, jadi ketika user mengetikan alamat IP atau hostname di web broeser maka web browser akan melihat IP tersebut pada port 80.
-          Nomor Ports mulai dari  0 – 65535.
-          Ports  tersebut dibagi ke dalam tiga bagian:
Ø  Well Known Port dari 0 – 1023
Ø  Registered Port dari 1024 – 49151
Ø  Dinamic / Private Ports dari 49152 - 65535
-          Well known Port : 0 s/d 1023 dikontrol oleh IANA (Internet Assigned Numbers Authority).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar